Selasa, 10 September 2013

Biasakan berdoa yuk?!

Sahabat-sahabat semua sedang galau karena sedang ada masalah atau hal lain yang menyebabkan galau?daripada cuma mengeluh lebih baik kita berdoa yuk? InsyaAlloh gak rugi koq kalau kita berdoa meminta diberi jalan keluar dari penyebab kegalauan kita. Karena sesungguhnya Alloh SWT akan selalu mengabulkan permintaan hambaNya yang selalu berdoa dengan sungguh-sungguh sebagaimana janjinya dalam AlQur'an.
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Wa qaala rabbukumud'uunii astajib lakum innal ladziina yastakbiruuna 'an-ibaadati sa yadkhuluuna jahannama daa-khirii (Al Mu'min.QS.40;60)

Tuhan kamu (Alloh) berfirman, "Berdoalah kepadaKu, niscaya Aku perkenankan bagimu." Sesungguhnya orang-orang yang takabbur dari menyembahKu, mereka akan masuk jahannam dalam keadaan terhina.

Lalu bagaimana jika kita sudah sering berdoa dan usaha maksimal untuk mencapainya, namun koq sepertinya doa kita belum terkabul juga? jangan khawatir bisa saja doa kita sedang ditangguhkan, ini janji Alloh yang lainnya melalui hadist yang berbunyi.

"Tidak ada seorang muslim yang menghadapkan mukanya kepada Alloh untuk berdoa, kecuali Alloh akan mengabulkannya. Kadang-kadang pengabulanya dipercepat dan kadang-kadang ditangguhkan. (HR. Ahmad dan Hakim).  

Agar doa berpeluang untuk dikabulkan, awali dengan asmaul husna, ucapkan kalimat tauhid, berprasangka baik pada Alloh, optimis, lakukan dengan rendah hati, ulangi beberapa kali, dan iringi dengan ikhtiar (usaha)

وَلِلَّهِ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Wa lillahil asmaa-ul husnaa fad 'uuhu bihaa wa dzarul ladziina yulhiduuna fii asmaa-ihii sa yujzauna maa kaanuu ya'-maluun (Al A'raaf.Q.S.7;180)

Bagi Alloh nama-nama yang baik. Maka bermohonlah kepadaNya dengan nama-nama yang baik itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-namaNya. Kelak mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.

Kemudian, ucapkanlah kalimat tauhid.

Laa ilaaha illallahu wallahu akbar, laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lahu, lahulmulku walahul hamdu wahuwa 'alaa kulli syai-in qadii, laa ilaaha illallahu, walaa haula walaa quwwata illa billaah (H.R. Thabrani)

"Tiada Tuhan selain Alloh, dan Alloh Maha Besar, tiada Tuhan selain Alloh yang maha tunggal. tiada sekutu bagiNya, milikNya segala kerajaan dan milikNya pula segala puji, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu. Tiada Tuhan selain Alloh dan tiada daya serta tak ada kekuatan selain dengan kekuatan yang datang dari Alloh". 

Selamat berdoa sahabat. Mudah-mudahan Alloh mengabulkan doa kita dan membebaskan kita dari segala macam bentuk kegalauan dan kesombongan karena tidak mau meminta kepadaNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang santun dan tidak SARA