Senin, 21 Oktober 2013

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memberi Susu Pada Bayi Kucing (Kitten)

Menyusui kitten (bayi kucing) terbilang susah-susah gampang. Ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan saat memberi susu agar tidak berbahaya bagi kitten orphan yang kita rawat. Apa aja sih? yuk....langsung saja kita simak beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberi susu pada kitten
  • Beri susu yang aman untuk kitten, yaitu susu yang rendah kadar laktosa dan rendah gula. Susu khusus untuk anak kucing bisa dibeli di petshop. Bila di daerah cat lover sulit ditemukan pet shop, dapat juga diberi susu untuk bayi yang rendah laktosa dan gula, contohnya susu SGM LLM (bisa dibeli di swalayan atau toko-toko yang menjual susu).
  • Berikan susu menggunakan botol susu untuk kitten atau untuk anak anjing yang dapat dibeli di pet shop. Selain dengan botol susu, cat lover juga dapat memberikannya menggunakan pipet/sedotan, penghisap ingus bayi, maupun syrnge (suntikan tanpa jarum). Cat Lover juga bisa membuat botol susu sendiri dengan dot yang dimodifikasi sehingga sesuai untuk bayi kucing. Cara membuatnya bisa dilihat di sini.
  • Posisi pada saat diberikan sebaiknya ditelungkupkan (tengkurap), jangan ditelentangkan seperti bayi manusia. 
  • Biarkan bayi kucing minum dengan kecepatan hisapannya sendiri. Bila diberi dengan pipet atau srynge ,berikan pelan-pelan melalui samping mulutnya (jangan di depan agar susu tidak masuk ke paru-paru).
  • Berikan susu hingga si meong kenyang yang ditandai dengan tidur atau menolak susu yang diberikan. Kemudian lap mulut si meong pelan-pelan hingga bersih dari sisa-sisa susu yang menempel.
  • Bila setelah minum bayi kucing mengalami cegukan (hickup), telentangkan sebentar sampai cegukannya berhenti.

2 komentar:

  1. Makasih sharing pengetahuannya.. sy baca jg yg cara menurunkan panas pd kucing dgn bahan alami.. ^_^

    BalasHapus
  2. kak kucing ku baru aku adopsi terus aku pisah dari induk nya, trus aku kasih sufor pas aku minumin dia kayak antara cegukan dan mau muntah. kira kira ngatasin nya gimana yaa ?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang santun dan tidak SARA